Termos berfungsi untuk menyimpan zat cair yang berada di dalamnya agar tetap panas dalam jangka waktu tertentu. Termos dibuat untuk mencegah perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, maupun radiasi. Dinding termos dibuat sedemikian rupa, untuk menghambat perpindahan kalor pada termos, yaitu dengan cara permukaan tabung kaca bagian dalam dibuat mengkilap dengan lapisan perak yang berfungsi mencegah perpindahan kalor secara radiasi dan memantulkan radiasi kembali ke dalam termos, dinding kaca sebagai konduktor yang jelek, tidak dapat memindahkan kalor secara konduksi, dan ruang hampa di antara dua dinding kaca, untuk mencegah kalor secara konduksi dan agar konveksi dengan udara luar tidak terjadi.

Dan saat saya les kemarin malam (15 April 2010), saya baru mengetahui kalau teko keramik yang mengkilat lebih bagus daripada teko yang tidak mengkilat karena teko yang mengkilat lebih sedikit melepaskan kalor dibandingkan teko yang tidak mengkilat.

Naa,, setelah membahas sedemikian banyak peralatan rumah tangga nii.. Dari tadi banyak kata-kata kalor.. Emang apaan siiih kalor ???

Ayoo kita lihat apaan sihh yang dimaksud dengan kalor.. :)

Kalor adalah bentuk energi yang berasal dari degradasi atau perubahan suhu yang dapat mengakibatkan perubahan ujud zat hingga terjadinya perambatan energi berupa kalor antara benda yang satu ke benda yang lain.

date Friday, April 16, 2010

4 comments to “Termos si sahabat kalor... :)”

  1. Kim Yun Hee
    May 23, 2010 at 2:30 AM

    baby....blogmu keren bangedt..
    akk ska smua isi.a...
    lanjutkan... :)

  1. ade yuniati
    May 25, 2010 at 3:36 AM

    makasiii baby.. :)

  1. Anonymous
    November 30, 2011 at 4:39 AM

    kok gx lengkap banget sih!!!!!!!!!!!
    klau begini mana bisa di print gx lengkap sih,cba lengkap

  1. Erhyck Threedays
    December 4, 2011 at 4:57 AM

    Hey, Gabung yah. Mampir di http://erhyck.blogspot.com :D

Leave a Reply:

Tulis Buku Tamu yaa..