Setelah membaca postingan pak Rudy tadi siang, saya jadi penasaran dengan supermoon. Supermoon sering sekali saya dengar tapi saya gak pernah lihat sebelumnya.


Karena saking penasarannya saya langsung search di google tentang fenomena alam yang satu ini.

Supermoon adalah fenomena ketika Bulan tampak lebih besar dari biasanya akibat kedekatannya dengan Bumi. Bulan akan tampak 7 persen lebih besar dari biasanya.

Supermoon sendiri bukanlah istilah dalam astronomi, melainkan dalam astrologi. Kalangan astrolog biasanya mengidentikkan supermoon dengan kekuatan jahat atau bencana. Seorang astrolog bernama Richard Nolle, misalnya, memperkirakan bahwa supermoon kali ini akan menimbulkan bencana gunung berapi dan badai.

Kabar yang beredar di internet juga menyebut bahwa supermoon yang akan terjadi malam ini berkaitan dengan bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang Jumat (11/3/2011) lalu. Namun, hal tersebut ditampik oleh para astronom dengan mengatakan efek supermoon sangatlah kecil.

Menerut pengetahuan yang saya dapat ketika mengikuti pelatihan Astronomi di sekolah, dalam dunia astronomi, Bulan bisa berada di titik terjauh dan terdekat dengan Bumi. Titik terjauh dikenal dengan apogea, sedangkan titik terdekat dikenal dengan perigea. Saat Bulan mencapai titik terdekat atau perigea inilah, fenomena yang dikenal dengan supermoon terjadi.

Publikasi space.com menyebutkan, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi dalam kurun waktu 18 tahun terakhir. Bulan "hanya" 356,577 kilometer dari Bumi. Ini 30.000 kilometer lebih dekat dengan jarak rata-rata Bumi-Bulan biasanya yang berkisar 382.900 km.

Menurut info yang saya dapat, berdasarkan waktu Indonesia, jarak terdekat Bumi-Bulan tersebut akan terjadi pada Minggu (20/3/11) dini hari pada pukul 02.10 WIB. Puncak purnamanya sendiri bisa dinikmati pukul 01.11 atau 59 menit sebelum jarak terdekat Bumi-Bulan dicapai.

Untuk wilayah Palangkaraya, nampaknya agak susah terlihat karena tertutup awan.

Ketika saya keluar lagi untuk kedua kalinya pada pukul 1.14 am, bulannya tidak terlihat jelas karena ditutupi segerombolan awan. yah, sayang banget ya..


Tapi ketika saya keluar pada pukul 11.32 pm, bulan belum terlalu ditutupi awan sehingga bulan (terlihat pada gambar) dapat dilihat lebih jelas dan memang benar terlihat langit lebih terang daripada biasanya.


Bulan yang istimewa ini takkan bisa dinikmati langsung dengan mata telanjang. Untuk membedakan "kegemukannya", harus digunakan teleskop. Untuk menikmatinya pemandangan terbaik ini, seseorang juga mesti memlih lokasi yang lapang dan gelap hingga cahaya Bulan bisa lebih terang.

Akibat kedekatannya, maka Bulan akan sedikit memengaruhi kondisi di Bumi. Misalnya meningkatnya gelombang pasang yang terjadi akibat gaya tarik Bulan yang sedikit lebih besar. Bagi nelayan, kondisi ini perlu diwaspadai dan sebaiknya tidak melaut.

Pengaruh lain adalah meningkatnya aktivitas seismik dan gunung berapi. Namun, sekali lagi efeknya sangat kecil. Jim Garvin dari Goddard Space Flight Center NASA di Greenbelt bahkan mengatakan, "Super dalam supermoon hanyalah karena penampakan yang lebih dekat."

Apa pun itu, menikmati fenomena alam yang jarang terjadi tentunya mengasyikkan. Apalagi menunggunya sambil menyeduh secangkir susu coklat panas di dini hari yang dingin ini, mmm.. ssccrruuupp..

date Saturday, March 19, 2011

14 comments to “SUPERMOON :)”

  1. Anonymous
    March 20, 2011 at 8:43 AM

    sayangnya supermoon dipalangka nggak keliatan :(
    mendung + hujan terus.

  1. ade yuniati
    March 20, 2011 at 8:53 AM

    iya may, di banjarmasin katanya keliatan jelas lo. yah, sayang sekali mana 18 thn sekali lagi fenomenanya.

  1. kamel yonatan
    March 20, 2011 at 9:03 AM

    ah gk ada,d jogja jg....dah d tungguin smalaman,sma aja bulan'y


    emg nasib klo tinggal d khatulistiwa jrg bsa ngeliat fenomena yg kya gtu.....T T

  1. ade yuniati
    March 20, 2011 at 9:14 AM

    ooo iy kh ka ?
    tapi kok di Kalsel katanya kelihatan ?
    infonya ku dpt dr http://www.tribunnews.com/2011/03/19/supermoon-terlihat-jelas-di-kalsel

  1. kamel yonatan
    March 20, 2011 at 9:52 AM

    ah,itu efek kamera aja....XD

    lgian d indonesia suppermoon'y puncak jam 2 subuh,klo dah jam 2 sbuh bulan'y dah pas d ats kpala jd gk kliatan gede'y
    sedangkan d blahan dunia lain supermoon mreka pas bulan'y baru muncul,jd gede banget kliatan'y ^^

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7534303

  1. Anonymous
    March 20, 2011 at 6:37 PM

    ade :D

  1. Anonymous
    March 20, 2011 at 6:41 PM

    boleh kenalan ga ??

  1. Anonymous
    March 20, 2011 at 6:42 PM

    kmu anak mana ??

  1. Anonymous
    March 20, 2011 at 6:48 PM

    ^_______________^

  1. Anonymous
    March 20, 2011 at 6:55 PM

    bulan merindu

  1. Anonymous
    March 20, 2011 at 6:56 PM

    awas ada vampire

  1. Anonymous
    March 20, 2011 at 6:57 PM

    vampiri x bawa mancis de..hehe

  1. ade yuniati
    March 20, 2011 at 6:58 PM

    @ka kamel :: ooo.. gtu kh ka..

    @yuukee :: gg boleh goda". hahaha -_______________________-

  1. ade yuniati
    March 20, 2011 at 7:03 PM

    @nandi :: aaaa.. mancis bikin aku traumaaa -__________________-

Leave a Reply:

Tulis Buku Tamu yaa..